Transmisi yang digunakan di motor berjenis slidingmesh. Sesuai dengan namanya cara kerja dari transmisi
ini yaitu bergeser. Apa yang bergeser ? Tentu saja roda gigi yang dipilih. Berbeda dengan jenis transmisi
yang digunakan oleh mobil yang berjenis syncromesh (lebih jelas mengenai transmisi mobil dibahan di thread
Pa Bapuks http://www.otomotifnet.com/otoforum/showthread.php?t=1293).
Alasan digunakan jenis slidingmesh, karena konstruksi yang sederhana sehingga tidak menyita tempat yang luas
Sebelum membahas cara kerjanya kita perhatikan dulu komponen-komponen yang digunakan. transmisi shogun 125.
1 SHAFT, COUNTER (NT:11)
2 GEAR, 2ND DRIVE (NT:14)
3 GEAR, 3RD DRIVE (NT:17)
4 GEAR, 4TH DRIVE (NT:19)
5 WASHER, 2ND DRIVE
6 BEARING, COUNTER LH
7 CIRCLIP, 3RD DRIVE
8 BEARING, COUNTER RH
9 SHAFT, DRIVE (NT:25)
10 GEAR, 1ST DRIVEN (NT:32)
11 GEAR, 3RD DRIVEN (NT:22)
12 GEAR, 4TH DRIVEN (NT:20)
13 WASHER, 1ST DRIVEN
14 BEARING, DRIVE SHAFT LH
15 BEARING, DRIVE SHAFT RH
16 SEAL, DRIVE SHAFT
17 CIRCLIP, 4TH DRIVEN
18 RETAINER, COUNTERSHAFT BRG
19 SCREW, COUNTER SHAFT
20 SPROCKET, ENGINE (NT:14)
21 PLATE, ENGINE SPROCKET
22 CHAIN ASSY, DRIVE (RK-428)
23 BOLT, ENGINE SPROCKET
24 PLATE, ROTARY STOP
25 WASHER, ROTARY WAVE
26 CIRCLIP
Dalam transmisi jenis ini ada roda gigi yang dapat bergeser (no.11 dan no.4). Roda gigi ini ikut berputar dengan porosnya.
Dan tidak dapat bergeser (no. 1,2,3,10,12 dan 9).Yang tidak dapat bergerak dibagi menjadi dua lagi;
yang ikut berputar dengan porosnya (no. 1, dan 9) dan yang tidak ikut berputar dengan porosnya.
Supaya roda gigi dapat meneruskan putaran dari poros input ke poros output, maka ketika bergeser dan menempel
pada roda gigi pasangan dibentuk sedemikian rupa suatu tonjolan dan lubang tempat tonjolan yang disebut dog-teeth dan dog-hole
supaya kedua roda gigi tersebut dapat berputar bersama-sama.
About Me
counter
point blank
Blog Archive
Sabtu, 12 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar