counter

Selamat datang di BLOG saya... silahkan melihat lihat jangan lupa comment nya..., saya siap menerima saran dan kritik anda...., TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

point blank

            

Scroll images by bigoo.ws

Blog Archive

Sabtu, 12 Desember 2009

tentang motor

awal dl yaa dan motor dl secara wa tau seluk beluk motor
untuk gambar nyusul, kalo dah tau apa itu krukas, noken as, gigi ratio, seher, akan lebih mudah

tahap awal:
motor itu ada 3 tahapan untuk bisa berjalan
1. Kompresi
2. Pengapian
3. Bahan bakar

Gak ada kompresi motor gak isa jalan
Gak ada Bahan bakar motor gak isa idup
Gak ada pengapian motor mati

bedanya 4 tak dengan 2 Tak

4TAK
- 4 langkah piston
- 2 putaran kruk as
- 1 putaran Noken as

Motor jenis ini di ciptakan oleh pabrikan tidak menggunakan bahan bakar tambahan seperti oli samping suaranya pun lebih halus, pemakaian bahan bakar juga lebih irit di bandingkan 2 tak

cara kerjanya:

Untuk jenis mesin 4 tak, untuk mencapai 1 kali pembakaran membutuhkan 2 kali putaran kruk as (720derajat) dan 1 kali putaran noken as

penghubung noken as berputar ada rante ketengnya yg menyebabkan noken tersebut berputar

2 Tak

- 1 kali putaran kruk as
- 1 kali putaran piston

untuk 2 tak tidak menggunakan noken as jadi tenaga yang di hasilkan langsung, namun bahan bakar lebih boros, dan hentakan lebih cepat langsung karena 2 kali putaran sudah menghasilkan pembakaran 360 derajat

Langkah kerjanya:
Pada umumnya, semua jenis mesin mempunyai 4 langkah kerja
1. langkah usaha
2. langkah buang
3. langkah hisap
4. langkah kompresi

USAHA=KOMPRESI
HISAP=BUANG

Langkah kerja pd mesin 2 tak

[1 kali putaran kuk as=1 kali pembakaran]

1. Langkah usaha>> Terjadi pada saat piston dari TMA menuju ke TMB sampai lubang mulai buang terbuka
2. Langkah buang>> Terjadi pd saat Lubang buang mulai terbuka dan piston masih menuju ke TMB sampai
lubang buang terbuka sepenuhnya (titik TMB)
3. Langkah hisap>> terjadi pada saat piston dr TMB ke TMA sampai lubang transfer tertutup
4. Langkah kompresi>> terjadi pada saat lubang buang tertutup dan piston masih mensih menuju TMA sampai
piston benar2 berada di TMA

Pada mesin 2 tak mempunyai 2 kompresi:
1. kompresi rasio (kompresi utama)
berfungsi untuk menekan bahan bakar yang di kompresikan agar cepat terbakar oleh api yang di percikan busi

2. primer kompresi
berfungsi untuk menekan bahan bakar yang ada di lubang karter agar bisa masuk ke ruang pembakaran melalui lubang-lubang transfer

Langkah kerja mesin 4 tak:
[wkali putaran kruk as = 1 kali pembakaran]

1. Langkah usaha
2. Langkah buang
3. Langkah hisap
4. langkah kompresi

1. Langkah usaha>> Terjadi pd saat piston dari TMA menuju TMB sampai klep buang mulai terbuka dan piston
masih menuju TMB
2. Langkah buang >> Terjadi pada saat klep buang mulai terbuka posisi piston masih menuju TMB sampai klep
buang tertutup dan piston telah melewati TMA
3. Langkah hisap >> Terjadi pada saat piston belum mencapai TMA, klep mulai terbuka (masih terjadi langkah
buang) dan berakhir pada saat piston melewati TMB, klep hisap tertutup

>> Pada saat piston berada di titik TMA klep hisap dan buang dalam keadaan terbuka
nah di situlah terjadi overlap klep
4. Langkah kompresi >> Terjadi pada saat piston menuju ke TMA, dan klep hisap sudah tertutup

gimana bikin kompresi jadi enak supaya tarikan motor jg enak ?

Tarikan motor, kalo buat harian ga perlu sampe ekstrim ngubah kompresi kk. Kompresi standar pabrik aja udah cukup kok..
Mengubah kompresi berarti mengubah bahan bakar jg. Soalnya klo kompresi lebih tinggi dari oktan bahan bakar, resiko piston jebol. Kalo kompresi lebih rendah dari oktan bahan bakar, pasti detonasi. Ujung²nya piston jebol jg Grin Grin

Pada intinya buat performa motor itu ada di 3 sistem aja kok.
1. Aliran masuk
2. Pembakaran
3. Aliran buang

Cukup setel karbu, saringan udara, ama klep buat atur aliran bensin masuknya aja. Pake standar aja cukup.. Yang pasti, besar atau kecilnya aliran yg masuk, usahain harus lancar.. Wink
Lalu untuk pembakaran, listrik ama busi juga harus beres. Klo pakenya kompresi tinggi, pake busi tipe dingin. Dan klo emang ga terlalu puas ama kompresi sekarang, cukup dengan ngurangin paking head mesin. Ambil 1 aja ya, jgn banyak².. Grin Grin
Yang terakhir klo masuknya lancar, buangnya harus lancar juga kan? Seting klep buang ama knalpot jg rajin bersiin..

Dijamin, biarpun standar semua modalnya.. Udah cukup lah buat perbaikin tarikan motor. Excellent Excellent

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aqua mystic